Selasa, 06 Februari 2018

Pengertian Gadget Dan Contohnya

Pengertian Gadget
Perangkat-perangkat yang dimaksud di atas pada saat lebih terkenal dengan nama gadget. Gadget adalah suatu perangkat yang memiliki fungsi lebih spesifik, bersifat praktis dan dirancang dengan teknologi canggih. 
Beberapa contoh perangkat yang masuk pada kategori gadget diantaranya adalah: Laptop, MP3 Player, Netbook, E-Reader, Kamera, Xboox, Smartphone, Tablet dan masih banyak perangkat lain yang memiliki fungsi khusus dan berbeda-beda. Gadget yang sedang marak pada era sekarang ini adalah ponsel atau handphone atau bisa juga disebut smartphone. Ponsel pada awalnya diciptakan untuk membatu berkomunikasi jarak jauh tanpa kabel yang bisa dengan mudah dibawa kemana saja. Seiring perkembangan teknologi dan meningkatnya kebutuhan setiap individu maka terciptalah ponsel yang memiliki fungsi lebih dari sekedar perangkat komunikasi, belakang ponsel jenis ini diberinama Smartphone. Smartphone memiliki kegunaan yang lebih bervariasi, selain fungsi utamanya sebagai alat komunikasi juga bisa digunakan untuk membaca artikel di website, membuka dokumen, bermain game, menonton video, dan masih banyak kegunaan lainnya yang bisa dilakukan oleh perangkat smartphone.
Konsol Game. Memainkan permainan pada sebuah alat atau perangkat menjadi pilihan oleh banyak orang dengan beragam tujuan. Konsol game menjadi populer setelah lahirnya beberapa jenis konsol game besutan beberapa vendor terkemuka seperti Nitendo, Xbox dari Microsoft, atau PlayStation dari Sony. Dalam Konsol Game terdapat banyak jenis permainan yang bisa menghadirkan tampilan grafis beresolusi tinggi.
E-Reader. E-book disebut juga majalah elektronik atau buku elektronik yang saat ini semakin digandrungi oleh masyarakat. Untuk membaca sebuah E-book diperlukan suatu gadget yang bernama E-Reader. E-Reader dapat menghadirkan kenyamanan saat membaca E-Book karena sifatnya yang portable mudah dibawa kemana-mana, berukuran kecil. E-book sebetulnya bisa dibuka pada laptop atau komputer, namun dengan hadirnya E-Reader ini dapat memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk membaca E-Book di mana saja.
MP3 Player. Memutar musik menjadi lebih asyik dengan gadget bernama MP3 Player. Dimana pengguna bisa leluasa menyimpan banyak lagu pada memori MP3 Player yang bisa diputar dimana saja dibawa kemana saja karena ukurannya yang terbilang sangat kecil.
Smartphone . Seperti yang telah lebih dahulu disinggung sebelumnya bahwa smartphone merupakan gadget yang memiliki fungsi inti sebagai alat komunikasi, namun kelebihan dari smartphone tersebut adalah bisa berfungsi sebagai PDA atau Personal Digital Assistant yang kemampuannya menyerupai laptop atau komputer. Pada smartphone kita bisa melakukan apa saja layaknya komputer.
Komputer Tablet. Komputer Tablet atau Komputer Portable memiliki kegunaan yang hampir sama dengan smartphone. Jika smartphone memiliki fungsi inti sebagai alat komunikasi, Komputer Tablet sendiri berfungsi inti sebagai layaknya komputer namun dengan kelebihan ukuran yang lebih tipis tanpa keyboard fisik karena menggunakan layar sentuh dan plusnya lagi bisa digunakan seperti smartphone untuk alat komunikasi. Jika dahulu kita sebut laptop sebagai komputer yang bersifat portable bisa mudah dibawa kemana-mana, kini komputer tablet bisa lebih simple dan mudah dibawa kemana-mana dibanding laptop.
Load disqus comments

0 komentar